Senin, 27 Maret 2017

STATISTIKA

Diposting oleh Kelompok 8 di Maret 27, 2017
Statistika adalah adalah cabamg dari ilmu matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan data.


Kegiatan statistika yaitu:
1.       Mengumpulkan data
2.       Menyusun data
3.       Menyajikan data
4.       Menganalisis data
5.       Menarik kesimpulan
6.       Mempresentasikan data

1.       Pengertian data
Perhatikan contoh berikut:
Misalkan hasil pengukuran tinggi badan 6 murid adalah 151cm, 154cm, 155cm, 157cm, 160cm, 168cm. Data pengukuran tinggi badan yaitu 151cm, 154cm, 155cm, 157cm, 160cm, 168cm disebut fakta dalam bentuk angka. Fakta tunggal dinamakan datum dan kumpulan datum dinamakan data.

2.       Pengertian populasi dan sampel
Populasi adalah kumpulan individu dengan karakteristik tertentu yang menjadi objek dalam penelitian. Berdasarkan sifatnya populasi ada dua macam, yaitu populasi homogen dan populasi heterogen.Sampel adalah objek yang terpilih untuk  mewakili populasi. Penelitian yang dilakukan atas seluruh elemen dinamakan sensus. Umumnya, agar hasil penelitian lebih bisa di percaya, seorang peneliti harus melakukan sensus. Akan tetapi, karena sesuatu hal, peneliti mungkin tidak bisa meneliti keseluruhan elemen tersebut. Maka yang bisa dilakukannya adalah meneliti sebagian dari keseluruhan elemen dan unsur tersebut.

3.      Pengumpulan data
Menurut sifatnya, data dibagi menjadi 2 golongan, yaitu sebagai berikut:
1)      Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau bilangan. Data kuantitatif terbagi atas dua bagian, yaitubdata cacahan dan data ukuran.

a)      Data cacahan (data diskrit) adalah data yang memiliki nilai-nilai yang dapat dihitung, variabel acak diskrit diperoleh dari hasil menghitung/membilang dan nilainya berupa bilangan bulat.
b)      Data ukuran (data kontinu) adalah data yang memiliki nilai-nilai yang tidak bisa dihitung, variabel acak kontinu diperoleh dari hasil mengukur dan nilainya berupa bilangan real.

2)      Data kualitatif  berupa ciri, sifat, atau gambarandari kualitas objek. Cara untuk mengumpulkan data, antara lain adalah  melakukan wawancara, mengisi lembar pertanyaan, melakukan observasi, atau menggunakan data yang sudah ada, misalnya rataan hitung nilai rapor.

1.      Diagram garis
Diagram garis adalah penyajian data statistik dengan memakai garis yang melakukan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukan waktu pengamatan dan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk waktu tertentu.
2.      Diagram lingkaran
Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lingkaran tersebut di bagi dalam beberapa bagian yang menyatakan nilai dengan bentuk persen.
3.      Diagram batang
Diagram batang adalah diagram yang menunjukkan bilangan atau kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk persegi panjang atau persegi.


(materi dikerjakan oleh: Dwi Rizki Amalia)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Matematika Cihuy Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review